Pada zaman sekarang, data adalah sesuatu yang sangat penting. Begitu juga data perkuliahan, begitu seorang mahasiswa mulai kuliah di suatu perguruan tinggi, maka datanya harus terdaftar di PDDIKTI. Data apa saja yang harus ada di PDDIKTI, tentu saja yang utama adalah data pokok mahasiswa yang bersangkutan, kemudian data histori pendidikan/program studi yang ditempuh, lalu riwayat perkuliahan (KRS dan KHS) dari semester 1 sampai dengan lulus, dan data status sendiri yang berisi tanggal lulus, IPK, nomor ijazah nasional. Bagi mahasiswa aktif, bagaimana cara mengecek apakah datanya sudah terdaftar di PDDIKTI atau belum. Kunjungi saja situs PDDIKTI pada alamat https://pddikti.kemdikbud.go.id nanti akan tampil halaman utama seperti di bawah ini :
Lalu Klik saja pada kotak pencarian seperti pada tanda panah diatas. Kemudian akan tampil jendela pencarian seperti gambar berikut :
Pada kotak pencarian kita bisa mengetikkan data yang akan dicari berupa data perguruan tinggi, data program studi, data dosen dan tentu saja data mahasiswa. Untuk mencari data mahasiswa bisa dengan mengetik nama perguruan tinggi, nama prodi dan nama mahasiswanya, kemudian klik cari. Nanti akan muncul data mahasiswa yang dicari, jika tidak muncul maka data mahasiswa tersebu belum terdaftar di PDDIKTI. Namun untuk pencarian yang lebih akurat kita bisa mencari dengan mengklik tombol Pencarian Spesifik, nanti akan tampil jendela Pencarian Spesifik sebagai berikut :
Pada Pencarian Spesifik, di Kategori Pencarian kita pilih Data Mahaiswa, kemudian inputkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM), Nama, lalu pilih perguruan tinggi dengan mengetik sebagai kata kunci misalnya ketik “nurjati”maka pasti akan muncul IAIN Syekh Nurjati Cirebon, setelah nama perguruan tinggi yang dimaksud muncul, maka akan tampil program studi – program studi yang tersedia yang bisa kita pilih sesuai dengan program studi/jurusan kita. Lalu ceklis pada tombol “I’m not a robot” dan klik tombol cari. Dengan pencarian spesifik maka pencarian akan lebih cepat dan akurat.
Bagaimana kalau datanya tidak ada, jangan panik.. segera hubungi staf jurusan/program studi minta datanya diinputkan ke PDDIKTI oleh PTIPD. Hal ini biasanya terjadi karena data utama mahasiswa di Smart Campus atau siakad kurang lengkap, jadi coba lengkapi dulu datanya.
Bagaimana jika datanya keliru atau kurang lengkap ? datang langsung ke PTIPD untuk diperbaiki datanya.. untuk data yang keliru maka prosesnya harus pengajuan dulu di aplikasi PDDIKTI-admin, biasanya harus menyertakan dokumen pendukung yang berupa file dokumen asli yang sudah di scan, berikut dokumen yang diperlukan :
- Jika keliru nama maka dokumen yang diperlukan KTP/Ijazah SLTA/Akta Kelahiran;
- Jika keliru/belum ada tanggal lahir/tempat lahir dokumen yang diperlukan KTP/Akta Kelahiran;
- Jika keliru/belum ada nama ibu kandung dokumen yang diperlukan Kartu Keluarga;
- Jika Keliru NIK maka dokumen yang diperlukan adalah KTP.
Untuk sekarang diperlukan juga data NISN dan email sebagai tambahan data pada waktu mengisi data pokok pada PDDIKTI.