Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menggelar acara Sosialisasi Tentang Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Akademik untuk Pengembangan Tenaga Kependidikan Tahun 2022. Kegiatan ini bertempat di gedung Lembaga Penjaminan Mutu lantai 3, digelar selama 2 hari pada 4-5 Agustus 2022. Acara sosialisasi ini diikuti oleh tenaga kependidikan/staf Program Studi, Fakultas, Akademik, Pascasarjana, PTIPD serta seluruh pihak yang terkait dengan pengelolaan sistem akademik di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Hari Pertama
Acara sosialisasi dibuka oleh Wakil Rektor II, ibu Dr. Kartimi, M.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan terimakasih atas kinerja para peserta di unit kerja masing-masing. Beliau menyampaikan bahwa setiap pegawai harus terus meningkatkan kompetensi dirinya dalam memperkaya keilmuan yang akan menunjang kinerjanya dalam melayani dengan sebaik-baiknya di unit kerja masing-masing. Beliau juga berpesan agar peserta mengikuti kegiatan sosialisasi ini dengan optimal agar pesan yang disampaikan dapat diterima secara utuh.
Kepala PTIPD, Dr. H. Darwan, M.Kom mengisi sambutan selanjutnya. Beliau mengapresiasi capaian kinerja para peserta dalam pelayanan akademik melalui aplikasi SmartCampus dan pengelolaan website di jurusan serta unit-unit di lingkungan IAIN Syekh Nurjati. Beliau juga berpesan dalam pengelolaan Sistem Informasi Akademik akan menggunakan produk dari eCampuz, yaitu eAkademik dan Portal Akademik, untuk mahasiswa baru S1 angkatan 2022 ganjil yang bertujuan agar pengelolaan akademik dapat dioptimalkan guna menunjang pelaporan FORLAP DIKTI.
Acara selanjutnya adalah penyampaian materi tentang penggunakan aplikasi eAkademik sesi pertama oleh tim Pranata Komputer dari PTIPD. Materi yang disampaikan antara lain:
- Pengaturan komponen nilai
- Penambahan kurikulum per-program studi
- Pengelolaan matakuliah di kurikulum program studi
- Pengelolaan matakuliah prasayarat
- Pengelolaan matakuliah setara
- Pengelolaan data dosen masing-masing homebase
- Pengelolaan kelas dan kelas masal untuk semester 1 periode 2022 ganjil
- Pengelolaan gedung, ruang/kelas, dan laboratorium
- Pengelolaan jadwal kelas
- Pengelolaan jadwal ujian
- Pengelolaan rencana tatap muka
- Pengelolaan akun mahasiswa di aplikasi Portal Akademik
- Pengelolaan akun dosen di aplikasi Portal Akademik
Pemateri dan tim PTIPD memandu peserta sosialisasi dalam pengelolaan data dosen, kelas dan kelas massal, pengelolaan gedung dan ruang, pengelolaan jadwal kelas dan ujian, rencana tatap muka, akun mahasiswa dan dosen di Portal Akademik.
Pada acara sosialisasi hari pertama ini diisi juga sesi benchmarking proyek-proyek Sistem Informasi Akademik yang pernah ditangani oleh bapak Ibnu Rusydi, M.Kom, seorang Praktisi IT. Pada pemaparannya melalui Zoom, beliau menyampaikan tentang urgensi pengelolaan Sistem Informasi Akademik bagi perguruan tinggi dan langkah-langkah apa yang harus dilakukan para pengelola dalam mengoptimalkan pelayanan kepada mahasiswa dan dosen di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Hari Kedua
Pada acara sosialisasi Sistem Informasi Akademik hari kedua, pemateri dari Tim Pranata Komputer PTIPD menyampaikan materi lanjutan antara lain:
- Pengelolaan pejabat pengesah
- Pengelolaan bimbingan akademik mahasiswa
- Pengelolaan mahasiswa non-aktif (cuti, drop-out, mengundurkan diri)
- Pengelolaan rencana studi (KRS)
- Pengelolaan persetujuan KRS
- Pengelolaan presensi
- Pengelolaan rekap kehadiran dosen dan mahasiswa
- Pengelolaan nilai
- Pencetakan Kartu Hasil Studi
- Portal Akademik lanjutan
Tim PTIPD kemudian memandu peserta sosialisasi dalam pengelolaan sistem informasi akademik mulai dari pejabat pengesah, hingga pencetakan Kartu Hasil Studi. Tim PTIPD mereview semua materi yang sudah disampaikan pada dua hari sosialisasi, dan akan selalu men-support penuh dan melakukan pendampingan secara berkelanjutan dalam pengelolaan aplikasi eAkademik dan Portal Akademik di IAIN Syekh Nurjati Cirebon.